TIME ZONE

Postingan ini dibuat karena saat ini sedang mengalami masa-masa seperti ini dan setelah membaca artikel di web http://www.gogirl.id karena aku sayang sekali kalo mau langganan majalahnya tiap bulan, jadi aku sering mampir webnya gogirl untuk sekedar refresh baca-baca artikelnya. Dari dulu punya cita-cita kerja di tempat semacam gogirl gitu hehe

tulisan ini repost dari gogirl dan saya edit sedikit,
---------------------------------------------------------------------------------
Generasi Z biasa dikenal sebagai generasi yang nggak sabaran. Yup, kalo kita lahir pada tahun 1995-2010, berarti kita termasuk dalam generasi ini. kita adalah orang-orang yang pengen segalanya serba instan. Everything is about being as fast as you can, termasuk pencapaian. Makannya nggak heran kalo kita seringkali minder atau bahkan iri ketika ngeliat orang lain berhasil mencapai sesuatu lebih dulu dari kita.

Pernah nggak kita ngerasa rendah diri karena ngeliat temen-temen keterima masuk universitas duluan, sidang skripsi duluan, wisuda duluan, dapet kerja duluan, atau berhasil mencapai hal-hal penting lainnya dalam hidup duluan? Terkadang ngeliat pencapaian-pencapaian mereka emang ngebuat kita ngerasa down, bahkan frustrasi ketika kita ngerasa udah berusaha semaksimal mungkin tapi tetep aja nggak berhasil ngedapetin hasil yang kita inginkan. Padahal tau nggak kalo tiap orang ternyata punya timing atau time zone-nya masing-masing lho.

YOU’RE NOT LATE, YOU’RE NOT EARLY




Ada yang udah pernah nonton video di atas? Kalo belum, coba deh luangin waktu dua menit aja buat nonton sebentar. Kalo nggak, boleh juga simak narasinya:

sumber foto: pbs.twimg.com

Yap, kayak New York dan California, tiap orang juga punya timezone masing-masing. Misalnya aja, ada temen kita yang berhasil lulus kuliah duluan dengan predikat cum laude, tapi baru dapet kerja setelah nganggur selama lebih dari satu tahun. Di sisi lain ada juga temen yang baru aja mulai ngerjain skripsinya, tapi dia udah diangkat sebagai pegawai kontrak di tempat magangnya dulu. Siapa yang menurut kamu lebih hebat?

Menurut saya sih nggak ada yang lebih baik dari satu sama lain. Temen kita yang berhasil dapet gelar sarjana tepat waktu dengan IPK tinggi patut diacungi jempol, tapi temen kita yang udah kerja bahkan sebelum lulus kuliah juga nggak kalah keren. Lalu, gimana dengan saya yang baru saja masuk kuliah? hehe "mau lulus umur berapa?" kata seseorang kepadaku. Well, mungkin emang ini time zone saya.

Percaya kan kalo tiap orang punya jalan hidupnya masing-masing? Ngutip kata-kata di atas:

You’re not late,
You’re not early,
You’re very much on time and in your time zone”.
Terkadang kita ngerasa tertinggal dari temen-temen lain, tapi ada juga saat-saat di mana mereka lah yang ada di belakang kita. Padahal tiap orang lagi berlari di jalurnya masing-masing dengan rintangan yang berbeda. Makannya sebenernya nggak pas bagi kita buat ngebanding-bandingin kecepatan lari satu sama lain.

WORK BASED ON YOUR TIME ZONE
sumber foto: i.pinimg.com

So, apa yang bisa kita pelajari dari sini? Sebenernya simple sih, berhenti ngebanding-bandingin diri kita dengan orang lain. Jangan iri sama pencapaian temen karena mereka ada di zona waktu yang berbeda dari kita. Sebaliknya, coba buat lebih fokus pada diri kita sendiri. Kayak kata-kata bijak yang mungkin udah sering banget kita denger: “you are your only competition”. Misalnya aja, daripada stres ngeliat temen-temen yang udah lebih dulu wisuda/menikah sebelum kita, mending kita bikin target buat diri sendiri biar bisa lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

1 comment

  1. awal tahun ini sering ngerasa seperti itu. sampai sekarang juga masih, tapi sudah mulai enggak separah kemarin.
    selalu ada rasa iri dan terkesan terburu-buru untuk mengejar ketertinggalan dengan teman-teman yang lain. tapi mulai sekarang, lebih untuk menikmati hidup sendiri dan menikmati segala prosesnya juga.

    *toss

    ReplyDelete

thanks for visiting my blog :)
i like read your comment
follow me, and i'll follow back you.