Monday, August 26, 2013

Mozilla: History of the Mozilla Project



Proyek Mozilla diciptakan pada tahun 1998 dengan merilis browser Netscape kode sumber suite yang dimaksudkan untuk memanfaatkan kekuatan kreatif ribuan programmer di Internet dan bahan bakar tingkat belum pernah terjadi sebelumnya inovasi di pasar browser. Dalam tahun pertama, anggota masyarakat baru dari seluruh dunia telah menyumbangkan fungsi, fitur yang ada baru ditingkatkan dan menjadi terlibat dalam manajemen dan perencanaan proyek itu sendiri.

Dengan membuat komunitas terbuka, proyek Mozilla telah menjadi lebih besar dari salah satu perusahaan. Anggota masyarakat terlibat dan memperluas ruang lingkup proyek asli misi bukan hanya bekerja pada browser Netscape berikutnya, orang mulai menciptakan berbagai browser, alat pengembangan dan berbagai proyek lainnya. Orang berkontribusi Mozilla dengan cara yang berbeda, tapi semua orang bergairah tentang menciptakan perangkat lunak gratis yang akan memungkinkan orang untuk memiliki pilihan dalam bagaimana mengalami internet.

Setelah beberapa tahun pembangunan, Mozilla 1.0, versi besar pertama, dirilis pada tahun 2002. Versi ini menampilkan banyak perbaikan ke browser, email client dan aplikasi lain yang termasuk dalam suite, tetapi tidak banyak orang yang menggunakannya. Pada tahun 2002, lebih dari 90% pengguna Internet sedang browsing dengan Internet Explorer. Tidak banyak orang melihat pada saat itu, tapi versi pertama Phoenix (kemudian berganti nama menjadi Firefox) juga dirilis oleh anggota komunitas Mozilla tahun itu dengan tujuan memberikan pengalaman browsing terbaik ke seluas mungkin sekelompok orang.

Pada tahun 2003, proyek Mozilla menciptakan Mozilla Foundation, sebuah organisasi non-profit independen yang didukung oleh para donatur individu dan berbagai perusahaan. Mozilla Foundation baru terus peran mengelola operasi harian proyek dan juga secara resmi mengambil peran untuk mempromosikan keterbukaan, inovasi, dan peluang di Internet. Hal ini dilakukan dengan terus merilis perangkat lunak, seperti Firefox dan Thunderbird, dan memperluas ke daerah baru, seperti memberikan hibah untuk mendukung peningkatan aksesibilitas di Web.

Firefox 1.0 dirilis pada tahun 2004 dan menjadi sukses besar. Dalam waktu kurang dari satu tahun, Firefox telah didownload lebih dari 100 juta kali. Versi baru dari Firefox telah keluar secara teratur sejak itu dan terus mencetak rekor baru. Popularitas Firefox telah membantu membawa pilihan kembali ke pengguna. Pada tahun 2008, Firefox mencapai 20% pangsa pasar di seluruh dunia dan persaingan baru telah mempercepat inovasi dan meningkatkan Internet untuk semua orang.

Mozilla merayakan ulang tahun ke 10 pada tahun 2008. Dalam sepuluh tahun masyarakat telah menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan komersial bisa mendapatkan keuntungan dengan bekerja sama dalam proyek-proyek open source dan produk pengguna akhir besar dapat diproduksi sebagai perangkat lunak open source. Lebih banyak orang daripada sebelumnya menggunakan internet dan mengalami itu dalam bahasa mereka sendiri. Sebuah organisasi yang berkelanjutan telah dibuat yang menggunakan mekanisme pasar untuk mendukung misi kepentingan publik dan model ini telah digunakan kembali oleh orang lain untuk menciptakan organisasi yang terbuka, transparan dan kolaboratif dalam berbagai bidang.

Sepuluh tahun ke depan memiliki tantangan dan kesempatan yang sama bagi mereka dekade pertama kami. Tidak ada jaminan bahwa Internet akan tetap terbuka atau menyenangkan atau aman. Mozilla akan terus memberikan kesempatan bagi orang untuk membuat suara mereka didengar dan untuk membentuk kehidupan online mereka sendiri. Tentu saja, kita tidak sendirian dalam melakukan hal ini. Mozilla masyarakat, serta proyek-proyek open source lainnya dan organisasi kepentingan publik lainnya, hanya ada karena orang-orang yang terlibat dengan membuat tujuan bersama kita menjadi kenyataan. Jika Anda ingin bergabung dengan kami dalam misi kami, silahkan terlibat.

No comments:

Post a Comment

thanks for visiting my blog :)
i like read your comment
follow me, and i'll follow back you.