Wikusama Festival 2014 #wikufest3 - Day 2

jadwal hari pertama yang sangat padat ditambah pengumuman mendadak dari P. Abror kalau kelompok saya, CVcreta masuk 5 besar dan besoknya persiapan untuk presentasi. wohg mimpi apa semalem? :") ceritanya saya, dena dan mumun iseng aja ikutan lomba Digital Entreprenur yang diadakan oleh panitia wikufest. pengumuman lomba ini diumumin tanggal 20 dan terakhir dikumpulkan tanggal 23. waktu ditempel sih gak ada minat buat ikutan, eh pas habis ulangan PKN kita lagi ngobrol-ngobrol kemudian nyambung buat ikutan lomba. spontan aja waktu itu mau bikin apa, dan terlintas CV. karena akhir-akhir ini SMK Telkom mulai banyak perekrutan dari berbagai industri. nah kalo mau nglamar pekerjaan biasanya butuh CV. CVcreta menawarkan aplikasi pembuatan CV yang mudah dan kreatif. jadi selama 2hari saya nginep dikosannya Aldena bareng mumun, haha sampe dimarahin ibu kosnya dena gara-gara kita masih rame diskusi malem-malem. baru kali ini dimarahin ibu kos, tapi asyik loh kapan lagi wkwk

taraa hasil dari diskusi singkat, dan proposal kita baru di submit jam 23:40 haha demi apa :p
kita sih optimis-optimis ajaah. eh beneran kan masuk 5 besar. dan untuk ngerjain presentasinya saya telat karena di undang buat Gala Dinner bareng para Alumni dan guru. jadinya saya serahkan mumun dan aldena terlebih dahulu. setelah pulang dari gala dinner saya langsung nyusul ngerjain presentasi. serius saya kurang tidur hari itu, saya masih ngantuk banget. bahkan posidi tidur kita gak karu-karuan poll haha. bangun-bangun udah pagi dan video buat presentasi belum di render :|
karena kita mau membuat sesuatu yang berbeda, presentai pake ppt/prezi sudah terlalu biasa jadinya kita pake video aja :))








Terima kasih Rayiemas sudah motoin kita hehe :))

session 1-2: Bootstrap Your Firefox OS Development by Arief Bayu Purwanto
kita diajarin buat applikasi firefox os, ternyata tidak terlalu susah kalo kita bener-bener ngikutin langkah-langkahnya. sebelumnya saya sudah pernah nyoba sih, jadi pas masuk kelas ini saya sudah tidak asing lagi. pas kemarin saya bikin aplikasi wikufest, wikufest belum punya versi firefox os jadinya mungkin ini bisa dikembangkan lebih lanjut :p


aslinya saya ketagihan bikin aplikasi firefox os, hehe lagi ngumpulin waktu-waktu tersisa setelah drill dan les :) yuk yang lainnya juga bisa bikin aplikasi firefox os. kalo buat anak telkom mah ini semuanya bisa bikin :))

session 1-2 saya sekelas terus sama aldena, lumayan bisa nglanjutin materi presentasi. yang bikin deg degan itu pas render videonya. sempet ragu sama laptopnya dena takut laptopnya gak kuat buat render. pas detik-detik nama saya dipanggil, alhamdulillah bisa tukar sama kelompok lain :))

courtesy of @haqqi
haha liat wajah kita waktu presentasi wkwk :v
setelah presentasi, masuk ke kelasnya masing-masing dan saya masuk kelasnya om minion. untuk pertama kalinya saya masuk kelasnya om minion :p
Session 3 : Mobile Lifestyle by Nuri Abidin
ini ngomongin kehidupan jaman sekarang yang tergantung banget sama handphone. bangun tidur hal pertama yang dicari apa? handphone kan, kemudian pasti buka sosial media dan lainnya. haha termasuk saya juga sih :p kalo mau makan, mesti cari tempat yang ada wifinya kan? gak mikir itu makanannya enak atau enggak :p apalagi mesti check in dan upload foto makanan dulu hahaha :v
tapi semua itu benar, mungkin ada beberapa orang yang gak nglakuin hal itu dan mayoritas melakukan hal itu. dikelasnya om minion ngasih sticker/buku yang gambarnya Line. saya sih emang sengaja gak angkat tangan buat jawab pertanyaannya, saya ngasih kesempatan buat temen-temen saya hehehe angkat tangan pun telat ._. tapi selesai kelasnya saya dapet hadiah yang lebih bagus dari mereka semua, gantungan travelling lugage bag yang beli di singapore ternyata ketinggalan di om minion :p hehe aslinya emang dibeliin om minion sih. dan saya kesempatan buat ngopy foto waktu di Santa Clara, San Francisco, Narita-Japan dan Singapore :))
Makasih banyak om minion, punya kakak super baik. *btw kadang saya jadi adik dan keponakan. jadinya kadang panggil kakak/om wkwk :p*

selesai kelas, ada Mentors Meetup ternyata waktu mentors meetup saya disuruh ikut kelasnya Mozilla, tapi sayang saya telat baca dm nya mbak rara. maafkan saya ya mbak ._.v Mentors Meetup ini dibentuk agar kita saling ngobrol langsung sama pembicara-pembicara wikufest yang sesuai dengan bidangnya. saya malah masuk kelasnya bang Denny Key dan menstor meetupnya bang Denny Key ini penuh banget sampe ada yang naik keatas meja segala. yaudah saya sama Anjani ngalah aja deh, keluar kelas :|
cuaca hari itu gak mendukung sama sekali, hujan. yup lagi-lagi hujan :|
tahun lalu cuacanya mendukung sekali, cerah. tapi tahun ini malah hujan, jadi gak banyak2 ambil foto.

selesai mentors meetup ada special speaker ngomongin masalah "Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri" yang dibawakan oleh Pak Judi Suharsono (Certified Hypnotherapy) bapak ini kocak sekali. sukses membuat seisi aula tertawa! hahaha kalo ada yang gak tertawa mungkin orangnya lagi badmood atau emang gak bisa ketawa wahahaha :v
tapi setelah ketawa-ketawa lepas, kita menangis karena motivasi sedih yang menceritakan tentang perjuangan orang tua untuk anaknya :") setelah menangis nangis. ada pengumuman juara ide startup. saya sih berdoa saja. alhamdulillah kelompok saya juara 3. perjuangan kita ngerjain sampe malem dan dimarahin ibu kos segala tidak sia-sia :") dan terima kasih buat temen-temen yang selalu mendunkung. jadi rasanya habis nangis terus naik ke atas panggun itu seperti itu, sedih bahagia sih :))

Ada juga pengumuman lomba membuat Kumi sebanyak-banyaknya yang diadakan oleh Mbak Rara. waah ternyata ada yang buat sampe 15. haha ini anak nganggur banget kali ya :p saya mau ikutan udah gak sempet mau bikin. hadiahnya mug warna item yang ada tulisannya "mozilla" aak saya mau :3 ternyata yang bikin sampe 15 buah Kumi ini adek kos saya, Gabriella Vindy Kawuri. good job dek.
selesai pengumuman lomba Kumi, ada lagi pengumuman lomba Photograpy yang diadakan oleh Mas Nuri. saya sudah lihat hasil foto-fotonya sih, kereeen :) mereka yang menang lomba ini dapet fish eye/wide/macro lens loh. kereen kan. gak cukup disini masih banyak hadiah! ada yang diundi berdasarkan nomor absen, kelas dan jurusan. huhu sayang saya kurang beruntung sekali. nomor absen saya (39) tidak pernah disebut sih. ada hadiah ipod shuffle, buku Hampir Fotografi dari Jerry Aurum ada tanda tangannya loh. khusus buku ini Mas Nuri emang sengaja order buat hadiah wikufest. aak saya mau :")

ternyata waktu sudah menunjukkan jam 6 sore dan hujan deras. yaa terjebak diruang nostalgia deh #eh maksudnya terjebak di sekolah enggak bisa pulang. nunggu hujan reda dan liat temen-temen yang minta foto bareng sama alumni/pembicara wikufest. saya sih udah gak mood foto, pengennya cepet pulang dan mandi. karena setelah acara wikufest ada #MozKopdarMLG yang diadakan di Kantin SMK Telkom dan 100% yang dateng anak telkom semua hehe. saya sampe jam 22.30 nongkrong di kantin sekolah loh, biasanya kalo liat dari luar sekolah sepertinya sereem eh malah nongkrong disana sampe malem banget. iya selesai mozkopdar saya sharing bentar sama Mas Yofie seputas MozSummit di negara Eropa dan Amerika. dengerin cerita dari Mas Yofie, ternyata Eropa gak seaman yang saya kira. disana banyak orang-orang jahat katanya :") *waduuh* tapi kita emang harus benar-benar jaga diri kalo di Eropa. waah makasih banyak Mas Yofie sudah nyeritain gimana kehidupan di Eropa sana. saya jadi punya pikiran atau hal apa yang harus saya lakukan waktu saya berkunjung ke negara Eropa. someday I'll be there :))

gak terasa wikufest sudah berakhir ya, saya masih mau ngobrol-ngobrol dengan alumni. cerita dan sharing. saya masih kangen sama mas mbak saya, mas nuri dan mbak rara. jadi kangen pas jalan kaki ke sf sampe jauuuuh :") semoga 5th yang akan datang nanti atau suatu hari nanti saya yang bakalan nggantiin mereka jadi pembicara di Wikufest, Harus! amiin :)


@eriskatp ^^

2 comments

  1. maksudnya sih ngajak buat thinking wider, out of the box lagi terutama soal bikin app (fokus ke mobile app, but could be any app)
    mumpung masih di level smk, tugas/project kalian tuh dah masuk ke level mahasiswa tahun akhir lho
    waktu kalian jauh melimpah dengan start jauh lebih awal buat ngembangin kreativitas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. project work saya niatnya mau saya kembangkan. seperti yang om minion bilang waktu di kelas. lihat presentasinya waktu itu saya sudah punya gambaran. semoga terlaksana setelah UN :))

      Delete

thanks for visiting my blog :)
i like read your comment
follow me, and i'll follow back you.