Suroboyo Bus

May day minggu lalu, aku dan mbak Lisa pergi mencoba naik suroboyo bus (@suroboyobus) milik Pemkot Surabaya. Setelah hampir setahun hidup di kota Surabaya mencari public transportation yg semudah di Jakarta ternyata susah. Sebelum ada Suroboyo Bus, cuma bisa mengandalkan gojek/grab/uber bagi anak kos yang tidak membawa kendaraan sendiri sepertiku. Entahlah bagaimana hidupku tanpa ojek online :(

Malam sebelum besok paginya berangkat naik suroboyo bus, Mbak Lisa Whatsapp aku. Karena aku gak ada agenda kemana-mana aku dengan senang hati menerima tawarannya. Emang dari lama udah pengen nyobain suroboyo bus. Uniknya Suroboyo Bus ini tidak menerima pembayaran berupa uang. Jadi harus menggunakan sampah botol plastik. Untuk ketentuan dan jalurnya ada di gambar di bawah ini ya!

image by @suroboyobus

image by @suroboyobus

botol minum yang aku kumpulkan, setiap hari ngabisin 1,5L demi naik suroboyo bus.

Setelah ketinggalan bus, nunggu sekitar 15 menit ada bus lewat lagi. Sayang sekali kami naik suroboyo bus saat ada demo Hari Buruh. Jadi kami tidak bisa turun di halte yang sudah kami rencanakan. Rencana kami mau ke House of Sampoerna, halte terdekat dari HOS ini Halte Rajawali. Karena ada demo akhirnya kami turun di Tugu Pahlawan. Dari sini kami ke HOS naik grabcar :")

(+) Suroboyo Bus
• seneng ads transportasi umum yang layak di Surabaya
• membuat bank sampah yang berguna sehingga botol-botol plastik bekas tidak disalah gunakan. 
• Petugas Suroboyo Bus yang tegas tidak menerima uang sepeser pun. Bahkan ada yang mau naik tetapi tidak membawa botol plastik bekas, tidak boleh naik.
• Ada effort mengumpulkan sampah botol bekas untuk naik suroboyo bus
• semakin menuju smart city


image by @suroboyobus

image by @suroboyobus

image by @suroboyobus

(-) Suroboyo Bus
• Tidak ada halte yang mempertemukan bus jalur 1 dan jalur 2. Sehingga ketika mau naik bus jalur 2 muterin jalur 1 sampai selesai. 

Masukan dariku:
• mungkin nanti bisa bikin applikasi jadwal beroperasinya suroboyo bus setiap hari, jam dan posisi suroboyo bus harus akurat. 
• setiap kali mengumpulkan botol plastik, bisa mendapatkan poin yg nantinya free naik suroboyo bus tanpa membawa botol plastik. Saya melihat update instagram @suroboyobus mereka masih menggunakan kertas kemudian distempel. Mungkin next bisa menggunakan kartu sehingga bisa lebih bagus dan tidak hancur terkena air.

Buat kalian yang belum mencoba Suroboyo Bus, Ayo rek ndang numpak o Suroboyo Bus!

PS: banyak gambar yang ngambil dari instagram @suroboyobus karena waktu itu gak sempet foto-fotoin, tapi bikin story di instagram. Masih aku simpen di highlight instagramku @eriskaprimaya (jangan lupa follow ea) wkwk promosi dikit 

2 comments

  1. Andai kamu di jkt, udah ku ajak naik bis yang tingkat itu wkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Surabaya juga mau ada bis tingkat lil wkwk

      Delete

thanks for visiting my blog :)
i like read your comment
follow me, and i'll follow back you.