Wednesday, October 28, 2015

Happy Youth Pledge Day!

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015!
Halo para pemuda pemudi bangsa Indonesia,
semoga kalian masih dalam semangat pemuda yang begitu membara.
Jangan menua dalam kemunafikan masa muda.
Jadilah pemuda pemudi yang berpikir kreatif dan positif.

SOEMPAH PEMOEDA Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA
Djakarta, 28 Oktober 1928




Sumpah Pemuda saya tahun ini:
  1. mengurangi bikin status mengeluh di sosial media. 
  2. intinya talk less, do more! 
Apa Sumpah Pemuda kalian tahun ini?

Jakarta, 28 Oktober 2015

Eriska Triana Primayasari




Thursday, October 15, 2015

Pulau Air, Kep. Seribu With Moklet Backpackers

Halo pa kabar semuanya? semoga sehat dan sukses selalu!
2 minggu yang lalu udah 4 bulan yang lalu aku ikutan Moklet Backpackers goes to Pulau Air, Kepulauan Seribu. ya meskipun kantong lagi mepet. tapi aku emang dari dulu pengen banget ke pantai di Jakarta. Jakarta itu ga semuanya macet kok haha. buktinya masih ada pantai yang indah banget. tapi emang jauh banget perjalanannya, harus menyebrangi laut. sekitar 5 jam lebih. can you imagine? I can!! haha rasanya itu yaaaa, panas, laper, haus, ngantuk huahahaha jadi satu deh.


Jadi Moklet Backpackers itu sekumpulan alumni moklet (smk telkom malang) pecinta alam yang sering backpackeran bareng ke tempat wisata alam. Disini udah gak kenal yang namanya senior-junior seperti di sekolah, tapi semuanya udah dianggap seperti teman sebaya tapi tetap saling menghormati. 



pas itu si Ade nge WA aku, dia promosi event ini. yaudah ya, kesempatan. kapan lagi rame-rame kayak gini. yaudah, hari itu juga aku langsung DP. wkwk aku enggak bayar lunas. dan ternyata yang ikutan ceweknya cuma 4. harusnya ceweknya ada 5 sih, tapi si ulil gak jadi ikutan. padahal kan mau foto selfie bareng artis hitz instagram, ya sedih ga jadi :" dia kan banyak fansnya gitu :p
setelah sholat shubuh langsung berangkat. dari arah mampang prapatan naik busway. jalurnya mampang prapatan - transit kuningan timur - naik busway arah grogol habis gitu naik angkot ke muara angke. kalo udah nyampe pelabuhan, bisa bayangin kan baunya yang super sekali. super bauuu ditambah lagi becek. aaaaaa. eits namanya juga petualangan, kita harus menyatu dengan alam :p bosen kali tiap kali weekend cuma jalan-jalan di mall, cafe trus nongkrong.
sekali-kali nongkrong di pinggir laut. FYI, ini pertama kalinya saya ke pantai di Jakarta, hihi.


Omg, oh ini yang namanya pelabuhan angke. Duh kotor, becek, rame orang, jalanan sempit. Pokoknya gak enaklah, dan perahunya pun masih jauh. Sepagi itu pelabuhan angke udah rame orang yang pada mau ngabisin weekend ke pulau seribu. Tujuan kita sama-sama ke pulau seribu tapi pulaunya beda-beda. Jadi beneran ini naik perahu kayu ini? IYAlah haha. Udah bayar murah kok maunya naik perahu boat :p *dilempar ikan busuk* ok, nope saya emang suka dengan tantangan jadi saya pilih buat duduk di atap perahu, mau sunbathing gitu ceritanya. Seru banyak temennya duduk di atap perahu, tik tok tik tok lama banget ini kapal gak berangkat-berangkat. Kemudian matahari mulai terik hahaha yaudah beneran sunbathing ini. Ok setelah setengah jam kemudian kapal berangkat, saya sih mikirnya ah paling juga bentar doang udah nyampe Kepulauan Seribu *kepedean* eh ternyata buat nyampe pulau pramuka ngabisin waktu 2 jam. Dan saya masih bertahan di atap perahu iyaalah haha pas nyampe Pulau Pari, perahu berhenti bentar saya kemudian pindah ke bawah *gak kuat panasnya, gilak* ok sunbathingnya, udah cukup yaa gak lagi-lagi deh :p

Finally nyampe Pulau Pramuka,  lagi-lagi kepedean kalo Pulau Air tempatnya dekat Pulau Pramuka. Ternyata untuk menuju Pulau Air kita harus nyebrang lagi naik perahu (lagi) tapi saya emang dasarnya suka pantai, jadi saya menikmati setiap perjalanan. Hmmm apalagi ya kalo kena ombak, rasanya isi perut seperti diaduk-aduk! Tapi saya seneng, seruuuu bro. Kemudian mulai kelihatan pemandangan indah di depan mata, ah ini dia pasti Pulau Air. Horee udah nyampe Pulau Air, it's like private beach! hehe but there's some people too who camp at this beach. aaah airnya warnanya ijoo ijoo tosca gitu. dan anginnya sepoi-sepoi. segaaar. andai di pinggiran kantor ada tempat kayak gini. mungkin gak pulang kantor wkwk. nyampe sini kita makan dulu hehe. Mas-mas ini prepare banget udah pesen catering segala,  bahkan ternyata pas transit di Pulau Pramuka mereka beli ikan buat di masak pas barbeque ntar malem. Aaah saya terharu. Setelah makan saya sholat di pinggir pantai, hmm bayangin sholat di pinggir pantai..

view Pulau Air captured by me


Selesai semuanya, mari kita dirikan tenda! Haha ini yang lucu, jadi kita udah hampir selesai pasan tenda tapi ternyata ada bau-bau aneh kotoran gitu. Hmm sapa yang mau bobok campur bau kotoran gini, jadi setelah perdebatan kita putusin buat pindah tempat tenda kita. Oh ya saya terharu lagi, saya sama sekali enggak prepare peralatan buat ngecamp di pantai, tapi mas-mas senior ini pada prepare banget! Ada yang bawa tenda, kompor, panggangngan, snack, sosis, dan bumbu-bumbu masak lainnya. Nah saya yang cewek enggak kepikiran buat bawa semua itu hihi. Mereka baik banget deh pokoknya, TOP!

Ternyata yang nge-camp enggak cuma Moklet Backpaker, ada orang lain juga yang pada nginep di Pulau Air. Bahkan udah nge-camp duluan daripada kita. Tapi emang ini berasa private pulau. Tenda kita depannya viewnya udah pantai. Yuhuu time to swimming tapi airnya asin banget :” disini gak ada air tawar hahaha ya iyalaah. Aslinya sih saya gak jago-jago banget renang tapi saya orangnya pemberani. Saya berani nyemplung ke air dan belajar renang (lagi) haha saya sudah sering belajar renang tapi gak bisa-bisa dari dulu :D yaudah enggak masalah ini pulaunya dangkal, jadi bisa renang-renang lucu disini. Btw, mas-masnya juga ada yang gak bisa renang kok :p jadi saya ada temennya ahahahaha. Hmm udah berendem berjam-jam di air tapi saya masih betah aja. Pas udah agak sore, saya jalan-jalan ke sekitar pulau.



Pertamanya sih saya takut, iya pulaunya di tengah-tengah hutan gitu. Setelah jalan agak jauh, eh ada rumah ternyata disini. Dalam hati saya, emang ada ya yang mau nempati rumah ini. Ternyata emang ada orang yang nempati *kemudian merinding* yang penting jangan lupa berdoa. Kemana pun kita pokok jangan lupa berdoa dan gak macem-macem hehe. Eh kita nemu sumur, airnya tawar. Tapi ya gitu sumurnya gak ada atapnya, gapapalah paling gak bisa pipis disini hehe.  
Senja dan hari semakin malam. Barbecue time! Udah laper banget habis renang berjam-jam, kita masak ikan dan sosisnya. Hmm meskipun rasanya enggak karu-karuan yaudah dimakan aja hehe, namanya juga laper. Barbecuean sambil genjreng-genjreng gitar, ada yang nyanyi juga. Oh senangnya, sayangnya doi jauh disana gak ikutan liburan bareng hiks, kemudian laper baper eh bahasa gaulnya sekarang :’)

 
 


Selesai Barbecuean kita tidur karena hari sudah malam sekali, kita tidur di tenda berempat. Kebetulan ceweknya ada 4 orang. Tendanya panas banget! Saya gak betah tidur di tenda, yaudah kita berempat memutuskan tidur di luar aja bareng-bareng lainnya juga. Saya enggak bisa tidur karena mbak-mbak di tenda sebelah dari tadi rame sekali ngomong kalo ada yang lewat, dll. Hmm kan saya jadi takut dan parno sendiri. kenapa ini gak cepet pagi sih, matahari terbitlah lebih cepat haha. Eh kemudian pagi pun tiba, alhamdulillah. Kita niatnya mau liat sunrise  dan ternyata mendung L sedih sunrisenya gak ada. Yaudah kita balik ke tenda, beres-beres tenda dan peralatan barbeque karena kita hari itu mau balik ke Jakarta. Tapi sekalian snorkeling dulu. 


Nah saya penasaran juga rasanya snorkeling itu gimana, karena saya belum pernah snorkeling haha ndeso banget ya. Gak sih biasa aja :p trus guide kita sudah tiba siap buat nganter kita snorkeling. Seledai angkut-angkut barang ke perahu, kita pasang pelambung dan peralatan snorkeling lainnya. Jadi kita ada 2 spot tempat snorkeling, pertama saya sempet ragu. Aduh gimana nih kalo nanti saya tenggelam gak bisa renang *tenang kan banyak mas-mas yang pinter renang* tapi tetep saya ragu-ragu haha. Kemudian di kapal mulai sepi, semuanya pada turun ke laut. Byuuur aaaa snorkeling kemudian saya envy yaudah saya memberanikan diri buat nyemplung ke laut. 

 
1...2...3 help me help me, wkwkwk saya lupa kalo airnya asin trus saya lupa gak pasang kacamatanya yaudah mata saya perih banget deh jadinya.. lucu banget sih, dan saya balik lagi ke kapal. Haahaha tapi saya gak kapok, jadi saya turun lagi ke laut tapi kenapa saya jadi muter-muter sendiri ini. Sepertinya saya kebesaran pelampung, jadinya saya ngikut arusnya pelampung (sekecil sekurus itu kah aku haha) keseringan air lautnya kena minum haha, jadi batuk-batuk gitu. Tapi yang jelas ini seru banget. Worth it banget lah sama perjuangannya! Saya terharu juga sih, banyak karang-karang yang sudah rusak. Kasihan ikan-ikan indah nan lucu yang hidup disana tampat hidupnya rusak. Semoga para pengunjung Pulau Air tetap menjaga kebersihan alam dan melestarikan kekayaan alam kita yang begitu banyak, tidak hanya di Pulau Air tapi pulau-pulau lainnya juga.
 
finally, snorkelig!

yey! I got starfish.

Moklet Backpaker
Btw, cerita saya panjang banget haha mentang-mentang jarang posting, sekalinya posting langsung cerita panjang lebar wkwk. Lain kali kita harus backpackeran ya lagi mas mbak! Ayo jalan-jalan lagi, ditunggu undangan backpacker selanjutnya (selama uang masih ada saya ikutan) haha tetep ya harus liat-liat kantong hahaha.




butuh piknik nih hehe,

Riska xoxo